Info Sekolah
Rabu, 15 Okt 2025
  • Sekolah Berstandar Nasional dengan segudang prestasi. Maju, Bermutu dan Mendunia
  • Sekolah Berstandar Nasional dengan segudang prestasi. Maju, Bermutu dan Mendunia
12 Oktober 2024

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT LEARNING PADA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL DIKELAS VII SMPN 1 MEJAYAN KABUPATEN MADIUN

Sab, 12 Oktober 2024 Dibaca 7x
Deskripsi Best Practice Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) pada pembelajaran aritmetika sosial di kelas 7 SMPN 1 Mejayan, Anda dapat mengikuti praktik terbaik berikut:
    1. Menentukan Proyek yang Relevan:
    • Pilih proyek yang memiliki relevansi dengan kehidupan sehari-hari siswa atau dengan konteks lokal Mejayan.
    • Pastikan proyek tersebut dapat memperlihatkan hubungan antara aritmetika sosial dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
    1. Partisipasi Aktif Siswa:
    • Libatkan siswa secara aktif dalam pemilihan topik proyek.
    • Biarkan siswa berkontribusi dalam perencanaan dan desain proyek mereka sendiri, memberikan mereka rasa kepemilikan dan tanggung jawab.
    1. Kolaborasi Tim:
    • Fasilitasi kolaborasi antar siswa dalam pembentukan tim proyek.
    • Mendorong kerjasama tim, komunikasi yang efektif, dan berbagi ide antar anggota tim.
    1. Hubungkan dengan Dunia Nyata:
    • Jelaskan dengan jelas bagaimana konsep aritmetika sosial yang dipelajari terkait dengan proyek dan aplikasi dunia nyata.
    • Bawa pemateri atau ahli lokal jika memungkinkan, untuk memberikan wawasan tambahan dan memperkuat relevansi materi.
    1. Pemantauan dan Umpan Balik:
    • Berikan dukungan dan panduan selama proses proyek.
    • Berikan umpan balik terstruktur untuk membantu siswa memahami kekuatan dan area perbaikan dalam kinerja mereka.
    1. Presentasi dan Refleksi:
    • Berikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
    • Berikan waktu untuk refleksi, di mana siswa dapat memahami pengalaman mereka, kesulitan yang dihadapi, dan pembelajaran yang diperoleh.
    1. Pemanfaatan Teknologi:
    • Gunakan teknologi untuk mendukung pelaksanaan proyek, seperti pembuatan presentasi, riset online, atau pemanfaatan aplikasi pendukung pembelajaran.
    1. Penilaian Formatif:
    • Gunakan penilaian formatif untuk memahami kemajuan siswa selama proses proyek.
    • Fokus pada penilaian kompetensi dan pemahaman konsep aritmetika sosial yang diterapkan dalam proyek.
Dengan mengikuti praktik-praktik terbaik ini, diharapkan siswa akan lebih terlibat, termotivasi, dan dapat memahami aplikasi dunia nyata dari konsep aritmetika sosial yang mereka pelajari melalui pendekatan Project-Based Learning. Link Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id) Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id) Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id) Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id) Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Artikel Lainnya

Oleh : syamsulhadiae

Home

Oleh : syamsulhadiae

Sejarah Kabupaten Madiun

Oleh : syamsulhadiae

Struktur Organisasi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Website Resmi Sekolah SMPN 1 Mejayan Kabupaten Madiun.

Anda dapat menemukan berbagai informasi terkini seputar Sekolah SMPN 1 Mejayan Kabupaten Madiun.

Hubungi kami

Alamat : Jl. Panglima Sudirman No.71, Sanggrahan, Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Kode Pos : 63153
Telpon : 0351-383092
Whatsapp : 08123 4567 1234
Email : smpn1mejayanmadiun@gmail.com