Visi, Misi, Tujuan Sekolah dan Sasaran

Visi adalah gambaran sekolah yang diinginkan di masa depan. Gambaran tersebut berdasarkan tujuan Pendidikan Nasional sesuai dengan tingkatan dan jenis sekolah beserta profil sekolah yang bersangkutan selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan anak didik dan masyarakat yang dilayani. Visi SMP Negeri 1 Mejayan adalah:

TERWUJUDNYA LULUSAN YANG UNGGUL DALAM MUTU MULIA DALAM SIKAP DAN PERILAKU YANG PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN SERTA BERWAWASAN GLOBAL

Indikator Visi :

Indikator Misi :

Misi adalah tindakan untuk mewujudkan visi tersebut. Misi merupakan bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.

Sebagai upaya untuk memenuhi visi tersebut, berikut ini adalah rumusan misi SMP Negeri 1 Mejayan :

  1. Standar Isi
  1. Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
  1. Standar Proses
  1. Standar Sarana Dan Prasarana
  1. Standar Kompetensi Lulusan
  1. Standar Pengelolaan
  1. Standar Pembiayan
  1. Standar Penilaian

Tujuan Sekolah :

Diharapkan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun ke depan, tujuan yang akan dicapai antara lain :

  1. Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif dengan kemampuan akademis dan non akademis.
  2. Sekolah mampu menghasilkan 100% lulusan yang unggul, kompetitif, beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, berkarakter bangsa, peduli dan berbudaya lingkungan.
  3. Sekolah mampu menghasilkan KOSP , mengandung muatan karakter bangsa dan memuat kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
  4. Sekolah mampu menghasilkan 100% silabus yang berkarakter bangsa dan terintregrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup untuk semua mata pelajaran pada semua jenjang kelas.
  5. Sekolah mampu menghasilkan 100% RPP yang berkarakter bangsa dan terintregrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup untuk semua mata pelajaran pada semua jenjang kelas.
  6. Sekolah mampu mengembangkan proses pembelajaran yang efektif, efisien, menanamkan kesadaran perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
  7. Sekolah mampu mengoptimalkan pelaksanakan KBM untuk meningkatkan prestasi.
  8. Sekolah mampu menerapkan 80% program bilinggual dalam KBM untuk mata pelajaran MIPA dan TIK
  9. Sekolah mampu memenuhi 90% tenaga kependidikan bertugas sesuai dengan bidang keahliannya dan  mampu TIK.
  10. Sekolah mampu memenuhi peralatan TIK yang lengkap, mutakhir untuk persiapan Asesmen Nasional Berbasi Komputer (ANBK) dan ramah lingkungan.
  11. Sekolah mampu memenuhi perpustakaan yang representatif.
  12. Sekolah mampu memenuhi Lab. Komputer, Lab. Fisika, Lab. Biologi, Lab. Matematika dan Lab. Bahasa yang representatif, lengkap dan ramah lingkungan.
  13. Sekolah mampu memenuhi sarana prasarana yang lengkap untuk Olah raga, Seni Budaya, Ekstra kurikuler, pengembangan diri dan kreatifitas siswa yang ramah lingkungan .
  14. Sekolah mampu melaksanakan manajemen berbasis sekolah yang tangguh dan melaksanakan program dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
  15. Sekolah mampu memenuhi / menghasilkan standar penilaian  pendidikan yang relevan.
  16. Sekolah mampu memenuhi standar pembiayaan pendidikan yang memadai.
  17. Sekolah mampu memenuhi pengelolaan pembiayaan pendidikan yang efisien dan transparansi.
  18. Sekolah mampu menghasilkan prestasi olah raga siswa minimal tingkat propinsi.
  19. Sekolah mampu meningkatkan prestasi bidang  seni budaya.
  20. Sekolah mampu meningkatkan prestasi siswa dalam berbagai olimpiade tingkat nasional.
  21. Sekolah mampu mewujudkan 80% prestasi siswa dalam bidang ekstra kurikuler dan pengembangan diri.
  22. Sekolah mampu menciptakan sekolah adiwiyata yang memberikan kenyamanan belajar siswa dalam pencapaian prestasi.
  23. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
  24. Sekolah mampu mewujudkan budaya disiplin dan peka terhadap kepedulian sosial bagi setiap warga sekolah.