Deskripsi Best Practice

Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) pada pembelajaran aritmetika sosial di kelas 7 SMPN 1 Mejayan, Anda dapat mengikuti praktik terbaik berikut:

  1. Menentukan Proyek yang Relevan:
  • Pilih proyek yang memiliki relevansi dengan kehidupan sehari-hari siswa atau dengan konteks lokal Mejayan.
  • Pastikan proyek tersebut dapat memperlihatkan hubungan antara aritmetika sosial dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Partisipasi Aktif Siswa:
  • Libatkan siswa secara aktif dalam pemilihan topik proyek.
  • Biarkan siswa berkontribusi dalam perencanaan dan desain proyek mereka sendiri, memberikan mereka rasa kepemilikan dan tanggung jawab.
  1. Kolaborasi Tim:
  • Fasilitasi kolaborasi antar siswa dalam pembentukan tim proyek.
  • Mendorong kerjasama tim, komunikasi yang efektif, dan berbagi ide antar anggota tim.
  1. Hubungkan dengan Dunia Nyata:
  • Jelaskan dengan jelas bagaimana konsep aritmetika sosial yang dipelajari terkait dengan proyek dan aplikasi dunia nyata.
  • Bawa pemateri atau ahli lokal jika memungkinkan, untuk memberikan wawasan tambahan dan memperkuat relevansi materi.
  1. Pemantauan dan Umpan Balik:
  • Berikan dukungan dan panduan selama proses proyek.
  • Berikan umpan balik terstruktur untuk membantu siswa memahami kekuatan dan area perbaikan dalam kinerja mereka.
  1. Presentasi dan Refleksi:
  • Berikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
  • Berikan waktu untuk refleksi, di mana siswa dapat memahami pengalaman mereka, kesulitan yang dihadapi, dan pembelajaran yang diperoleh.
  1. Pemanfaatan Teknologi:
  • Gunakan teknologi untuk mendukung pelaksanaan proyek, seperti pembuatan presentasi, riset online, atau pemanfaatan aplikasi pendukung pembelajaran.
  1. Penilaian Formatif:
  • Gunakan penilaian formatif untuk memahami kemajuan siswa selama proses proyek.
  • Fokus pada penilaian kompetensi dan pemahaman konsep aritmetika sosial yang diterapkan dalam proyek.

Dengan mengikuti praktik-praktik terbaik ini, diharapkan siswa akan lebih terlibat, termotivasi, dan dapat memahami aplikasi dunia nyata dari konsep aritmetika sosial yang mereka pelajari melalui pendekatan Project-Based Learning.
Link
Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)
Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)
Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)
Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)
Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Best-practise-PjBL_YETY-DYAH-K_23021141458