‘Crbn’, 27 November 2023 – SMP Negeri 1 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 pada hari ini, Senen (27/11). Upacara yang dilaksanakan di halaman sekolah tersebut diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik.

Upacara dipimpin oleh Ketua PGRI SMP Negeri 1 Mejayan yang mewakili bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mejayan, Sigit Setyanto, S.Pd. Dalam amanatnya, Sigit Setyanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan atas dedikasi dan pengabdiannya dalam mendidik dan membimbing peserta didik.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan Keberhasilan pendidikan nasional sangat ditentukan oleh peran guru”. Pak Sigit Setyanto juga mengajak seluruh guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya. Hal ini penting dilakukan agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik. Guru harus terus belajar dan berinovasi agar dapat menjawab tantangan zaman.

Ketua PGRI SMP Negeri 1 Mejayan, berharap HGN dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. HGN harus menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru harus terus belajar dan berinovasi agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik.

“Guru harus saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kerja sama dan kolaborasi antar guru akan menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan”, kata pak Nanang.

Peringatan HGN di SMPN 1 Mejayan menjadi momentum untuk meningkatkan motivasi guru. Para guru menyatakan bahwa peringatan HGN merupakan waktu yang tepat untuk mengenang jasa dan pengorbanan para guru pendahulu. Mereka juga bertekad untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik.

“Peringatan HGN ini menjadi momentum untuk meningkatkan motivasi saya dalam mendidik peserta didik. Saya akan terus belajar dan berinovasi agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas,” kata  bu Sekar.

Peringatan HGN di SMPN 1 Mejayan diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, serta meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antar guru.

Disisi lain,Peserta didik SMPN 1 Mejayan persembahkan puisi dan lagu untuk guru. puisi yang ditampilkan berjudul “Guruku Tercinta” di sampaikan oleh Princes dan lagu yang berjudul “Guruku” dinyayikan oleh nadia. Dalam penampilannya, peserta didik menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada guru atas dedikasi dan pengabdiannya

Salah satu peserta didik yang tampil adalah Princes, siswi kelas VIII A. Princes menyampaikan puisi yang berjudul “Guruku”. Dalam puisinya, Princes mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada guru atas segala ilmu dan bimbingan yang telah diberikan dan menggambarkan sosok guru sebagai sosok yang sabar, bijaksana, dan penuh kasih sayang. Lagu “Guruku” menceritakan tentang jasa dan pengorbanan guru dalam mendidik dan membimbing peserta didik.

Penampilan puisi dan lagu dari peserta didik SMPN 1 Mejayan mendapat sambutan hangat dari para guru dan tenaga kependidikan. Mereka mengapresiasi penampilan peserta didik yang sangat apik dan penuh makna. Selain itu bu eny selaku perwakilan guru memberikan sambutan kepada siswa. Dari sambutan tersebut bu eny nyuwun pamit kepada seluruh warga sekolah karena sebentar lagi memasuki masa pensiun. Diakhir acara para siswa membagikan bunga kepada bapak ibu guru.

Peserta didik SMPN 1 Mejayan berharap agar guru-gurunya selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugasnya. Mereka juga berharap agar guru-gurunya tetap semangat dalam mendidik dan membimbing peserta didik. “Guruku, engkaulah pahlawanku. Engkaulah yang telah membimbingku menjadi pribadi yang lebih baik, Kami akan selalu berusaha menjadi murid yang baik dan berprestasi. Terima kasih guruku, Kami akan selalu berusaha menjadi murid yang baik dan berprestasi. Terima kasih guruku ” Kata salah satu peserta didik.

Upacara peringatan HGN di SMPN 1 Mejayan ditutup dengan doa dengan harapan agar seluruh guru dan tenaga kependidikan selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugasnya mendidik anak bangsa.(ek)

Leave a Comment